Wellcome to Visit Edudanews Blog

1 JULI 1971 BUNYI TEKS PROKLAMASI KEMERDEKAAN BANGSA PAPUA BARAT DAN LAHIRNYA TPN-PB

0 komentar

Edudanews, Devisi II Makodam Pemka IV Paniai,  Hari ini Telah melakukan Upacara Pengibaran Bintang Kejora sebagai bendera Republik Nasional Papua barat  untuk memperingati tanggal 1 juli 2016 sebagai hari bunyi  teks Proklamasi lahirnya Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat  (TPN-OPM) yang ke 45 tahun.  

Sejarah mencatat bahwa tepat pada 1 juli tahun 1971 adalah hari bersejarah bagi bangsa Papua barat yang ke 45. Awal mulai di Viktoria  tahun 1971 Oleh Presiden Seth Jafet Rumkorem (Brigadir-Jenderal). bersama anggotanya di  Victoria desa waris dekat Perbatasan PNG.

Dalam Jalannya memperingati dengan upacara bendera sang Bintang Kejora berlangsung  membacakan bunyi teks proklamasi kemerdekaan Rakyat Papua  Barat yaitu:

“Rakyat Papua  Barat 

sekalian, dari Numbay sampai Merauke,  dari  Sorong sampai Balim Pengunungan Bintang,  dan dari Biak sampai pulau Adi, dengan Berkat dan pertolongan Tuhan kami mendapat kesempatan hari ini. Menyampaikan kepada kami sekalian, berdasarkan keinginan luhur bangsa Papua Barat Bahwa bangsa dan Tanah air yang  merdeka berdaulat penuh. Kiranya Tuhan Menyertai kita dan ini dunia menjadi maklum bahwa ke inginan luhur Bangsa Papua Barat menjadi nyata Victoria : 1 juli 1971 atas nama rakyat dan pemerintah Papua Barat (Presiden Zeth Javet Rumkorem Brig Jendral “

Sejarah perjuangan singkat Tentara Pembebasan Nasional-Organisasi Papua Merdeka (TPN-OPM) yang bermarkas Victoria di sebela timur Papua Barat disanala Markas Besar (MABES) Organisasi Papua Merdeka-Tentara Pembebasan Nasional  Liar (OPM-TPNL) didirikan markas besar Victoria pada tanggal 1 juli 1970 di bawah pimpinan Brig Zeth Rumkorem. Setelah berbasis di Victoria mereka menyatakan kegiatan kekuatannya di Waris dan Bapak Zeth Almarhum di bacakan bunyi teks proklamasi kemerdekaan Papua Barat yang pertama kali pada tanggal 1 juli 1971 di kota Waris. Selanjunya  Pembagian wilayah perluasan DEVACTO di Papua Barat Pada Tanggal 28 oktober 1979 di Victoria pembagian wilayah antara lain yaitu:

1.       Makodam Pemka I Mamta Jayapura (a. Obet Wali, b. Yan Sewi)
2.       Makodam Pemka II Wamena (a. Matias Wenda, b. Amos Tabuni)
3.       Makodam Pemka III Agimuga Fak-Fak (a. Boni Anaya, B. Kelik Kwalik)
4.       Makodam Pemka IV Wessel Meren Paniai (a. Yulius Goo, b. Tadius Yogi)
5.       Makodam Pemka V Merauke (a. Geraldus Tommi, b. Bernadus Mawen
6.       Makodam Pemka VI Teluk Cenderawasih Biak, serui (a. Paulus Walikar, b. Abnel Maii)
7.       Makodam Pemka VII Manakwari, sorong  (a…………….,b………………….)

Tujuh Komando roda Revolusioner Papua Barat ini mulai berputar tanggal 2 Januari 1980.
Sejarah singkat Makodam Pemka IV Wessel Meren Paniai (a. Yulius Goo, b. Tadius Yogi) tiba di pangkalan pada tanggal 22 Oktober tahun 1981 pecalah perang grilya Paniai Enarotali di bawah pimpinan Mayor kepala staf markus kabouda Gobay mulai saat itu di kejar-kejar oleh   ABRI NKRI sampai dengan tahun 2000.

Dari tahun 2000 sampai dengan 2011 rakyat Papua Barat banyak membentuk komponen dalam negeri maupun luar negeri. Disaat itu juga tawaran-tawaran dari NKRI melalui: Otonomi Khusus, Pemekaran ekonomi sosbud, multitral dalam barisan kami TPN-OPM % tidak akan terpengaruh kepada pihak namapun karena TPN-OPM Papua Barat atau bangsa malanesia mau mencapai  kemerdekaan Republik  West Papua yang sah. Memulai perundingan lapangan dengan depan publik rakyat bangsa Malanesia  West Papua di keluarkan dari Devisi II Paniai Merangkap Anggota dewan Revolusioner Papua Barat Malanesia Nation. (admin)
Share this article :

Random Product



Translate
 
Support : | FREE WEST PAPUA |
Copyright © 2001. EDUDA NEWS - All Rights Reserved
Published by OFFICE TPN-OPM
EDUDANEWS